Komponen sumber belajar merupakan
sesuatu yang selalu ada dalam sumber belajar. Antar komponen menjadi sistem
yang membentuk sumber belajar. Bagian tersebut tidak dapat berdiri sendiri,
meskipun dalam pengaplikasiannya terkadang terpisah satu sama lain. Menurut
Nana Sudjana dan Ahmad Rifai, komponen sumber belajar antara lain:
- Tujuan,
misi, atau fungsi sumber belajar. Artinya, setiap sumber belajar memiliki
tujuan yang harus dicapai dan fungsi masing-masing, baik tujuan yang
eksplisit (jelas) maupun yang implisit (tersirat). Tujuan sumber belajar
pun berbeda-beda dipengaruhi oleh ragam bentuk sumber belajar yang
berbeda.
- Bentuk,
format, atau keadaan fisik sumber belajar. Meskipu terlihat sepele tetapi
hal ini perlu juga diperhatikan karena pemanfaatan sumber belajar perlu
dikaji juga agar berlangsung secara efektif dan efisien, sehingga
memberikan hasil yang baik.
- Pesan
yang dibawa oleh sumber belajar, merupakan komponen penting karena pesan
tersebut nantinya akan dipelajari oleh pengguna sumber belajar. Yang perlu
diperhatikan adalah isi pesan harus jelas, mudah dimengerti, lengkap, dan
sederhana.
- Tingkat
kesulitan pemakaian sumber belajar berkaitan dengan keadaan fisik dan
pesan yang ada. Tingkat kesulitan perlu diketahui agar menjadi
pertimbangan dalam penggunaan sumber belajar, mengingat bahwa sumber
belajar harus memberikan proses serta hasil yang efektif dan efisien.