MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL, AUDIO DAN AUDIO VISUAL

 



1. Pengertian visual

Media visual (Daryanto,1993:27), artinya semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca indera mata. Media visual (image atau perumpamaan) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. 

          Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinterksi dengan visual itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. Dengan demikian, media visual dapat diartikan sebagai alat pembelajaran yang hanya bisa dilihat untuk memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan akan isi materi pelajaran.

a.       Macam-macam media visual

1)      Gambar representasi seperti gambar, lukisan atau foto yang menunjukkan bagaimana tampaknya suatu benda

2)      Digram yang melukiskan hubungan-hubungan konsep, organisasi, dan struktur isi materi

3)      Peta yang menunjukkan hubungan-hunungan ruang antara unsur-unsur dalam isi materi

4)      Grafik seperti tabel, grafik, dan chart (bagan) yang menyajikan gambaran atau kecenderungan data atau antar hubungan seperangkat gambar atau angka-angka.

b.      Kelebihan media visual

1)      Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengelipingnya.

2)      Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan

3)      Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik

4)      Media visual memungkinkan adnya interaksi antar peserta didik dengan lingkungan sekitarnya

5)      Dapat menanamkan konsep yang benar

6)      Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru

7)      Dapat meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

c.       Kekurangan media visual

1)      Lambar dan kurang praktis

2)      Tidak adanya audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidka dapat didengar. Sehingga kurang mendetail materi yang disampaikan.

3)      Visual yang terbatas, media ini hanya dpat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.

4)      Biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat.

 

2.      Pengertian media audio

            Menurut M Sobri Sutikno dan Ida Rosyidah (2009:45) media audio merupakan media yang fleksibel karena bentuknya yang sangat mudah dibawa, prktis, dan relatif murah. Media audio adalah media yang hanya dapat didengar saja atau berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam lambang-lambang auditif baik verbal maupun non verbal.

Terdapat beberapapertimbangan apabila akan menggunakan media audio ini, diantaranya:

1)      Media ini hanya akan mampu melayani mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalamberpikir abstrak.

2)      Media ini memerlukan pemusatan perhatian yang lebih tinggi disbanding media lainnya, oleh karena itu dibutuhkan teknik-teknik tertentu dalam belajar melalui media ini.

3)      Karena sifatnya yang auditif , jika ingin memperoleh hasil belajar yang baik diperlukan juga pengalaman-pengalaman secara visual. Sedangkan control belajar bias dilakukan melalui penguasaan perbendaharan kata-kata,bahasa, dan susunan kalimat.

Macam-macam media audio

1)      Radio

Radio adalah salah satu media yang sangat disukai oleh lapisan masyarakat, terutama dikalangan mahasiswa yang selalu haus akan informasi dan untuk sekedar hiburan dalam rangka menghilangkan kepenatan rutinitas perkuliahan.

Fugsi radio :

·         Dapat menyajikan informasi yang actual (berita, ceramah)

·         Menarik dan bersifat menghibur (lagu-lagu, infotainment)

·         Harganya murah dan terjangkau

·         Bentuknya beragam, bisa dimiliki sesuai selera.

·         Menambah wawasan dalam berbagai pengetahuan.

2)      Rekaman

Rekaman atau dalam bahasa asing disebut recording adlah sejenis alat audio. Melalui alat ini kita dapat mendengarkan suatu cerita, musik, pidato, sajak dan lain-lain. Rekaman meberikan pengalaman mendengar apa yang kita dengar dapat menimbulkan tanggapan yang disimpan dalam ingatan yang dapat membentuk jiwa seseorang. Omar Hamalik (1976:99).

Fungsi rekaman :

·         Rekaman memberikan bermacam-macam bahan pelajaran kepada kelas

·         Menjadikan pelajaran leih konkrit

·         Masyarakat dpat dibawa kedalam kelas melalui rekaman

·         Mendorong berbagai kegiatan belajar

·         Rekaman akan memberikan latihan dan pengalaman bagi siswa.

Jenis-jenis rekaman :

·         Musik

·         Ceramah atau berpidato

·         Drama

·         Bahasa asing dan daerah

·         Bercakap-cakap

·         Olahraga

·         Membaca Al-Quran

3)      Hand Phone (HP)

          HP adalah hasil alat teknologi terbaru kurang lebih lima belas tahun, sebagai alat komunikasi yang tercepat dalam berita dan model.

Fungsi HP:

·         Menambah pengetahuan dalam lingkup keilmuan yang beragam.

·         Informasi yang disampaikan lebih cepat diterima.

·         Lebih inovatif, dinamis, kreatif.

·         Menarik dan memiliki nilai hiburan.

Kelebihan media audio

·         Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV

·         Sifatnya muudah unntuk dipindahkan

·         Dapat digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali

·         Dapat merangsang partisipasi aktif mendengar siswa, serta dpat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.

Kekurangan media audio

·         Memerlukan suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus

·         Media audio yang menampilkan simbol digit dan analag dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuang pengalam visual

·         Karena abstrak, tingkat pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasa perbendaharaan kata-kata atau bahasa, serta susunan kalimat

·         Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berpikir abstrak

·         Penampilan melalui ungkapan perasaan atau symbol analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada penerima.  

 

3.      Pengertian Media Audio-Visual

Sesuai dengan namanya , media ini merupakan kombinasi audio dan visual, atau bias disebut media pandang-dengar. Dengan menggunakan media ini, penyajian bahan ajar kepada para siswa akan semakin lengkap dan optimal. Menurut M. Sobry Sutikno dan Ida Rosyidah (2009:51) media audio visual, yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar, atau media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar.

a.      Macam-macam Media Audio-Visual

          Ada berbagai macam media audio visual yang kita ketahui dan masing-masing media tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Media Video (Cassette, Laser Disc, Compact Disc)

          Media video dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar pada berbagai bidang studi. Hal itu disebabkan oleh kemampuan video untuk memanipulasi kondisi waktu dan ruang sehingga peserta didik atau siswa dapat diajak untuk melihat objek yang sangat kecil maupun objek yang sangat besar.

Kelebihan Video

·         Baik untuk semua yang sedang belajar mendengar dan melihat

·         Dapat merangkum beberapa media dalam satu program

·         Bisa dipergunakan di rumah, di luar kelas maupun dalam perjalanan dalam kendaraan

·         Bisa diperlambat dan diulang

·         Dapat dipergunakan tidak hanya untuk satu orang.

 

Kelemahan Video

·         Memerlukan peralatan yang kompleks dan relative mahal

·         Tidak berdiri sendiri melainkan merupakan bagian dari rangkaian produksi video.

·         Persiapannya memerlukan kontinuitas kerja yang berurutan.

 

2)      Media Film

          Film mampu mengabadikan suara dan gambar gerak serta bisa mengatasi keterbtasan daya indera penglihatan kita. Sangat memikat karena mampu mengungkapkan keindahan dan fakta bergerak, lebih realistis, dapat diputar berulang-ulang, dihentikan dan sebagainya sesuai kebutuhan. Hal-hal yang abstrak menjadi jelas.

Kelebihan

·         Dapat menstimulasi efek gerak dan kaitan peristiwa atau pengalaman

·         Dapat digunakan untuk belajar kelompok maupun individu

·         Dapat diberi warna maupun suara untuk efek tertentu

 

Kelemahan

·         Persiapannya mahal dalam hal peralatan

·         Memerlukan keahlia khusus untuk memproduksi

·         Penggunaanya memerlukan ruangan yang cukup gelap.

 

3)      Program Siaran Televisi

          Program siaran televise adalah media yang menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio-visual dengan disertai unsur gerak. Dilihat dan sudut jumlah penerima pesannya televise tergolong kedalam media massa (elektronik). TV merupakan media yang menarik, modern dan selalu siap diterima oleh semua usia karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kebutuhan kehidupan. TV dapat memikat perhatian sepenuhnya dan penonton. Seperti halnya dengan film, TV menyajikan informasi visual dan lisan secara simultan. TV mempunyai realitas dan film tapi juga mempunyai kelebihan yang lain yaitu immediacy (kejadian yang sedang terjadi diambil gambarnya oleh kamera langsung bisa disaksikan oleh penonton). Batas ruang dan waktu bisa diatasi. Bila sifat program acaranya intersktif sifat komunikasi yang satu arah teratasi.

Kelebihan

·         TV dapat menerima, menggunakan dan mengubah atau membatasi semua bentuk media yang lain, menyesuaikannya dengan tujuan-tujuan yang akan dicapai.

·         TV merupakan media yang menarik, modern dan selalu siap diterima oleh semua usia, karena sudah merupakan sebagai bagian dan kebutuhan kehidupan.

·         TV dapat memikat perhatian sepenuhnya dan penonton. Seperti halnya film, TV menyajikan informasi visual dan lisan secara simultan.

·         TV mempunyai realitas dan film tapi juga mempunyai kelebihan yang lain yaitu immedency (obyek yang baru saja ditangkap kamera dapat segera dipertontonkan).

·         Sifatnya langsung dan nyata. Dengan TV peserta tahu kejadian-kejadian mutakhir, mereka bisa mengadakan kontak dengan orang-orang besar/terkenal dalam bidangnya, melihat dan mendengarkan mereka berbicara.

·         Horizon kelas dapat diperlebar dengan TV. Batas ruang dan waktu dapat diatasi.

 

Kelemahan

·         Harga pesawat TV relative mahal

·         Jika akan dimanfaatkan di kelas jadwal siaran dan jadwal pelajaran di sekolah seringkali sulit disesuaikan

·         Program di luar kontrol guru

·         Besarnya gambar layar relative kecil disbanding dengan film, sehingga jumlah siswa yang dapat memanfaatkan terbatas.

 

4)      Media Komputer (Multimedia)

          Kemajuan media computer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan computer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, computer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.

          Apabila ada perubahan tampilan, prosesnya dapat dilakukan pada saat itu juga dalam waktu yang sangat singkat di depan siswa, sehingga lebih menarik dan lebih informative, dan pada kenyataannya media ini mampu menggantikan hampir semua peranan media yang ada sebelumnya. Sejauh tetap berfungsi normal, dibantu penayangannya dengan proyektor LCD serta selama power listrik tidak padam.

          Computer sering diistilahkan sebagai multimedia, dalam hal ini akan penulis bahas secara tersendiri pada bab “Pengembangan Baru Media Pembelajaran”.

 

5)      Ucapan dan Gerakan yang Dicontohkan Oleh Guru

          Meliputi semua contoh ucapan dan gerakan yang ditunjukkan oleh guru sewaktu membelajarkan siswa, misalnya dengan tangan, dengan kaki, gerakan badan, mimic, dan lain-lain. Ucapan dan gerakan yang tergolong ke dalam kategori ini tak mungkin disebutkan satu persatu, oleh karena sangat banyak macamnya dan sangat tergantung kepada kreasi dan inisiatif pribadi guru sendiri. Tetapi pada pokoknya jenis media ini hanya dapat dilihat, didengar dan ditiru oleh siswa.

Kelebihan

·         Pembelajaran akan lebih hidup

·         Gerakan dan suara bisa diatur sesuai dengan situasi dan kondisi.

 

Kelemahan

·         Ketika guru terlalu terbawa emosi tujuan pembelajaran terlupakan.

 

Kelompok media penyaji

     Donald T . Tosti dan John R. Ball menyusun pengelompokan media menjadi tujuh kelompok media penyaji, yaitu:

A)  Kelompok kesatu: grafis, bahan cetak,dan gambar diam.

B)  Kelompok kedua: media proyeksi diam

C)  Kelompok ketiga: media audio.

D)  Kelompok keempat: media audio visual

E)   Kelompok kelima: media gambar hidup/film

F)   Kelompok keenam: media televise

G)  Kelompok ketujuh: multimedia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak